Farah Queen. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KOMUNIKASI KANTOR

 KOMUNIKASI KANTOR


Komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam setiap aspek kehidupan. Komunikasi yang akan dibicarakan adalah komunikasi kantor yakni komunikasi yang terjadi dan berlangsung dalam kantor, atau ada yang menyebut dengan istilah tata hubungan kantor (Office comunitation).
Kegiatan komunikasi pada prinsipnya adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan.  Secara sederhana, kegiatan komunikasi dipahami sebagai kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan atau ide dari satu pihak ke pihak lain, dengan tujuan untuk mencapai kesamaan pandangan atas ide yang dipertukarkan tersebut. Elemen-elemen yang terdapat dalam komunikasi adalah:


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MENGELOLA RAPAT SECARA EFEKTIF


      Rapat di tiap unit kerja adalah forum untuk mengambil keputusan tertentu. Setiap keputusan yang ingin dibuat tentunya yang terbaik. Hal itu berkait dengan kepentingan unit, individu karyawan, dan perusahaan. Dalam prakteknya proses penyelenggaraan dan hasil rapat mungkin kurang memuaskan. Dalam arti bahwa ketika rapat berlangsung sering tidak memiliki agenda dan arah yang jelas, pembicaraan ngalor-ngidul, waktu bicara sulit diatur, pimpinan rapat tidak mampu memimpin rapat dsb. Akibatnya hasil rapat tidak optimum.
      Rapat adalah salah satu bentuk komunikasi. Di dalamnya ada interaksi antarpeserta rapat dan antara pimpinan rapat dengan peserta. Interaksi itu berupa tukar pikiran, diskusi, dan debat. Dari interaksi itu maka dihasilkan keputusan rapat. Seberapa jauh rapat berjalan dan dengan hasil efektif antara lain akan sangat dipengaruhi oleh persiapan rapat, peran pimpinan rapat, partisipasi aktif peserta, dan penerapa metode rapatnya serta fasilitas pendukung. Dalam hal ini manajer suatu unit kerja harus sudah memersiapkan beberapa hal yaitu:


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pengertian Kearsipan dan beberapa peranan penting dari kearsipan


Pendidikan »    by  Nurrofiq on  05 December 2009
(Pengertian Kearsipan dan beberapa peranan penting dari kearsipan) – Kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan serta penyimpanan warkat menurut sistem tertentu.
Saat dibutuhkan dapat dengan cepat dan tepat ditemukan. Bila arsip-arsip tersebut tidak bernilai guna lagi, maka harus dimusnahkan.

Kearsipan memegang peranan penting bagi kelancaran jalannya organisasi, yaitu sebagai sumber informasi dan sebagai pusat ingatan bagi organisasi. Mengingat arti pentingnya pemerintah Indonesia menaruh perhatian yang cukup besar terhadap kearsipan. Hal ini terbukti dengan diperlukannya beberapa peraturan perundangan yang mengatur tentang kearsipan Nasional.

Diwarta - Lintas post
Adapun keunggulan dan fungsi yang dapat dilihat dari sistem penanganan kearsipan setiap organisasi, yaitu:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara menerima telepon dan menelepon yang Baik

1. Pengertian Etika Bertelepon
Etiket bertelepon adalah tata krama, sopan-santun,tata pergaulan dalam   bertelepon (menerima-melakukan kontak telepon) yang meliputi berbicara dengan jelas, tegas, terkesan ramah, hangat dan bersahabat.
2. Hal-hal penting etika bertelepon adalah
  1. Jangan biarkan telepon  berdering 2-3 kali segeralah angkat.
  2. Dengarkan mitra bicara dan berkonsentrasi dengan pihak penelepon (tidak melamun).
  3. Berkatalah dengan sopan dan hangat, hindari kata-kata yang bisa meyinggungi perasaan penelpon. 
    1. Berikan respon secara tepat dan lugas.
    2. Berbicar sepelunya dengan volume suara cukup jelas, tegas, lancar serta hangat dan bersahabat.
    3. Siapkan perlengkapan seperlunya ketika akan menelepon, seperti nomor telepon yang dituju, buku catatan, dan pensil. Setelah itu tanyakan apakah penerima telepon punya waktu untuk berbicara. 

3. Langkah-langkah dan teknik menerima telepon.
  1. Segeralah angkat jika telepon berdering.
  2. Ucapkanlah salam begitu anda mengangkat telepon.
  3. Bila penelepon menanyakan orang lain, tanyakan nama dan identitas orang yang dicari.
  4. Bila orang yang dituju tidak ada ditempat maka beritahukan dengan sopan dan tawarkan pada penelepon untuk meninggalkan pesan.
  5. Setelah menyelesaikan pembicaraan dengan penelepon sebaiknya mengucapkan salam, dan jangan meletakkan gagang telepon mendahului penelepon, tunggu sampai gagang telepon diletakkan atau telepon ditutup selama dua atau tiga detik olah penelepon.
4. Langkah-langkah dan teknik menelepon

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SISTEM KEARSIPAN DI INDONESIA

Dari semua aset negara yang ada, arsip adalah salah satu aset yang berharga. Arsip merupakan warisan nasional dari generasi ke generasi yang perlu dipelihara dan dilestarikan. Tingkat keberadaban suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap arsipnya. Berkaitan dengan hal tersebut arsip perlu dikelola dengan baik dalam sebuah kerangka sistem yang benar.
Sistem kearsipan harus bisa mencakup semua subsistem dalam manajemen kearsipan. Manajemen kearsipan dimaknai sebagai pelaksanaan fungsi-fungsi manajeman di dalam rangka mengelola keseluruhan daur hidup arsip. Daur hidup arsip mencakup proses penciptaan, pendistribusian, penggunaan, penyimpanan arsip aktif, pemindahan arsip, penyimpanan arsip inaktif, pemusnahan, dan penyimpanan arsip permanen (Wallace, 1992:2-8).
Sistem merupakan suatu kesatuan yang terorganisir yang mengatur hubungan dalam suatu kerangka tertentu untuk mencapai tujuan tertentu, atau menurut Betty R. Ricks, sistem adalah sekelompok kegiatan yang saling berkaitan yang secara bersama-sama berusaha mencapai tujuan (Ricks, 1992: 12).
Sistem Kearsipan adalah rangkaian subsistem dalam manajemen kearsipan yang bekerja sama untuk mencapai tujuan agar arsip tertata dalam unit-unit informasi siap pakai untuk kepentingan operasional dengan azas bahwa hanya informasi yang tepat digunakan oleh orang yang tepat untuk kepentingan tepat pada waktu yang tepat dengan biaya se- rendah mungkin.
Subsistem dalam sistem kearsipan mencakup tata naskah dinas (form management), pengurusan surat (correspondence management), penataan berkas (files management), tata kearsipan dinamis (records management), dan tata kearsipan statis (archives management).


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tips Cara Mengetik 10 Jari Di Keyboard Dengan Benar dan Cepat


Assalamualaikum wr.wb
Buat Sahabat,kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara Mengetik 10 Jari Dengan Cepat.
Mungkin sobat sudah banyak tau tentang Cara Mengetik Dengan Benar.Tapi nggak apalah saya post kembali mungkin ada beberapa dari sahabat yang belum tau tentang Tata Cara Mengetik Di Keyboard.

Setelah kurang lebih setengah tahun akhirnya saya mendapat ide baru untuk membuat sebuah Tutorial Mengetik dan yang pasti berharga bagi tiap pribadi masing-masing .Semua dimulai saat saya terbiasa Mengetik dengan 11 Jari, maksudnya Kedua Jari Telunjuk saya . Walaupun saya sudah bisa dapat Mengetik Dengan Cepat dengan kedua jari telunjuk saya, namun semua serasa ada yang kurang. Dan akhirnya saya pun berselancar di internet untuk mencari tau bagaimana cara mengetik dengan 10 jari Dengan Cepat . Dan akhirnya saya mendapatkan cara berharga lagi untuk di bagikan kepada para sekalian . Langsung saja kita simak cara berikut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Peran Sekretaris dalam perusahaan

man_side_profile1Apa yang anda bayangkan tentang seorang sekretaris? Perempuan cantik, menarik, dengan dandanan dan busana up to date dan siap 24 jam melayani semua kebutuhan pimpinan?
Pendapat kurang sedap mengenai eksistensi sekretaris dalam sebuah organisasi seperti itu, sudah sepantasnya dihilangkan. Karena berbagai perkembangan menunjukkan, pandangan positif terhadap seorang sekretaris harus sudah mulai diterapkan. Eksistensi dan fungsi sekretaris tidaklah sekadar “pembantu atau penggembira atasan”. Lebih jauh lagi, sudah jadi merupakan bagian penting dan tak terpisahkan. Ibarat dalam sebuah mesin, sekretaris merupakan item penting yang keberadaan dan kinerjanya akan berpengaruh terhadap kinerja mesin itu secara keseluruhan.
Sebagai suatu profesi, sekretaris memiliki masa depan cerah. Karena meski perkembangan teknologi tak bisa dibendung, alat-alat perkantoran canggih terus diperkenalkan, “sentuhan” tangan trampil dan buah pikiran seorang sekretaris tetap diperlukan.
Definisi Sekretaris
“Secretary is an employee in an office who deals with coresspondence, keep record, maka arrangements and appointments for particular member of the staff.”-A.S. Hornby ( Oxford Advanced Dictionary)
Sekretaris berasal dari bahasa Inggris secret dan secretum dari bahasa Latin yang artinya rahasia. Berasal pula dari kata secretaries /secretarium yang berarti seseorang yang diberi kepercayaan memegang rahasia.
Beberapa defenisi sekretaris lainnya,
1. ”Secretary is an person employed to keep record, take care coresspondence and other writing task, etc, for organization or individual”. Webster New Dicitonary of American Language College.
2. Person employed by another to assit him in coresspondence, literary work getting information and other confidential matters”. H.W.Flower & F.G. Flower
3. “Secretary is a personal office assitance to designed supervisor who has close and direct working relationship with supervisor. Ruth J.Anderson
Dari beberapa definisi jelaslah bahwa sekretaris bukan sekadar pembantu atasan semata, tetapi seseorang dengan kualifikasi tugas, pekerjaan, dan tanggung jawab yang sangat tinggi. Seorang pimpinan/atasan memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam memimpin dan mengelola perusahaan/organisasi. Mulai dari mengurus appointement, soal administrasi, mengatur rapat sampai urusan korespondensi. Dan tugas-tugasnya ini akan bisa lebih maksimal jika dibantu dengan keberadaan seorang sekretaris.
Fungsi sekretaris

“A Secretary assist an excecutive in carrying out the detail o his work. The executive depend ons upon his secretary primarly for assistance in handling the details of communications such as telephoning, telegraphing, filling and duplicating.’’Beamer, Hanna, Popham ( Effective Secretarial Practise).
Secara general peranan sekretaris menyangkut :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Diet Rendah Kalori, Kunci Hidup Sehat Lebih Lama

Share110   
Diet Rendah Kalori, Kunci Hidup Sehat Lebih LamaPenuaan memang pasti akan terjadi pada setiap orang. Akan tetapi, ternyata dengan diet rendah kalori, proses penuaan ini bisa diperlambat. Bagaimana bisa?
Penuaan pada sel tubuh dikaitkan dengan semakin pendeknya telomer. Telomer merupakan bagian ujung dari DNA yang menjaga supaya sel-sel tubuh tetap hidup. Secara alami, sel-sel tubuh akan mengalami pembelahan untuk regenerasi. Namun, sayangnya setiap kali mengalami pembelahan, bagian telomer ini akan semakin pendek. Bila pada suatu titik, proses pemendekan ini terjadi terus menerus, kematian sel akan berlangsung cepat yang berakibat memperpendek usia seseorang. Telomer yang semakin pendek juga dihubungkan dengan peningkatan risiko terkena penyakit tua seperti dementia atau kepikunan menjadi 100 kali lebih besar dan laju kematian yang lebih tinggi akibat kanker dan penyakit jantung (2).
Di dalam tubuh kita, terdapat enzim telomerase yang membantu supaya ujung telomer memanjang kembali sehingga sel-sel tubuh tetap hidup. Namun, sayangnya semakin bertambahnya umur jumlah enzim ini juga akan menurun. Stress yang kita alami juga menyebabkan aktivitas telomerase menurun dan telomer memendek lebih cepat (4).
Sebuah penelitian yang diterbitkan di Rejuvenation Research tahun 2009 membuktikan dalam hasil penelitiannya bahwa penurunan berat tubuh dan jumlah lemak dengan cara diet rendah kalori pada laki-laki yang mengalami obesitas berhubungan dengan peningkatan panjang telomer. Pada penelitian tersebut, ditunjukkan pula bahwa orang dengan penurunan berat badan dan massa lemak paling besar memiliki peningkatan panjang telomer paling besar (3). Sehingga pada penelitian tersebut disimpulkan bahwa orang yang melakukan diet rendah kalori menghasilkan penurunan berat badan yang mempengaruhi panjang telomer dan menurunkan kerusakan DNA.
Penelitian lain dalam The Lancet Oncology memberikan hasil bahwa orang yang melakukan perubahan gaya hidup dengan mengkonsumsi diet rendah lemak (low-fat diet) dan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari memiliki peningkatan aktivitas telomerase dan panjang telomer. Selain itu, manajemen stress yang baik juga penting, karena dalam penelitian tersebut, terbukti pula bahwa selain dengan diet rendah lemak, dan olahraga yang teratur, tingkat stress yang lebih rendah dapat membantu meningkatkan panjang telomer (5).
Kalori yang kita asup sehari-hari dapat berasal dari karbohidrat, protein dan lemak. Berdasarkan penelitian tersebut, dengan membatasi kalori yang kita makan sehari-hari akan mempengaruhi peningkatan panjang telomer sehingga akan memperpanjang umur dan usia tua. Oleh karena itu, ada baiknya kita mulai hidup sehat dengan menjaga konsumsi makanan, berolahraga, dan mengelola stress agar bisa hidup sehat lebih lama.
References:
  1. Mead MN. 2008. Telomerase tells on lifestyle. Environmental Health Perspectives 116 (12): A521.
  2. Calado RT and Young NS. 2009. Telomere Diseases. N Engl J Med 361:2353-65.
  3. O’Callaghan NJ, Clifton PM, Noakes M, and Fenech M. 2009. Weight Loss in Obese Men Is Associated with Increased Telomere Length and Decreased Abasic Sites in Rectal Mucosa. Rejuvenation Res 12 (3): 169-176.
  4. Epel ES, Blackburn EH, Lin J, Dhabhar FS, Adler NE, Morrow JD, and Cawthon RM. 2004. Accelerated telomere shortening in response to stress. PNAS 101 (49): 17312-17315
  5. Ornish D, Lin J, Daubenmier J, Weidner G, Epel E, Kemp C, Magbanua MJM, Marlin R, Yglecias L, Carroll PR, Blackburn EH. 2008. Increased telomerase activity and comprehensive lifestyle changes: a pilot study. Lancet Oncol 9: 1048–57

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 Cara Menjadi Orang Sukses

Written By Andry Andreas Panggabean on Minggu, 29 April 2012 | 22:10

Sukses, satu kata yang sangat bermakna bagi banyak orang. Siapa sih yang tidak ingin sukses? Biji yang dilempar ke tanah saja berusaha untuk 'sukses menjadi tanaman', bukan begitu?


Setiap manusia tentunya ingin menjadi orang yang sukses. Baik itu dalam pendidikan, karir, maupun percintaan. Hanya saja keberhasilan dalam mencapai sukses bukanlah hal yang mudah. Namun kenyataanya, banyak orang yang tampaknya mudah untuk meraih sukses, lantas mengapa tidak pada diri sobat? Terkadang saya sendiri sering bertanya-tanya sendiri dalam hati. Kok dia gampang banget sih meraih sukses? Apa itu karena takdir seperti yang dikatakan banyak orang? Jika ini ditanyakan kepada saya, akan saya jawab TIDAK! Sukses bukanlah takdir, tapi tujuan. Siapapun bisa menjadi sukses, asalkan mau berusaha dan bekerja keras.

Jika selama ini sobat masih berpikir bahwa sukses itu merupakan hal yang mustahil, maka saya sarankan untuk menghapus pola pikir itu dan mulai menginstall pola pikir baru bahwa sukses itu bisa diraih siapa saja. Nah, saya ingin berbagi tips 5 cara menjadi orang sukses yang mungkin bermanfaat bagi sobat untuk memotivasi. Silahkan disimak!

  1. Merubah Mindset/Pola pikir. Pola pikir Anda sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anda dalam meraih impian. Jika hati kecil anda merasa tidak memiliki kemampuan untuk meraih sukses, bisa dipastikan anda tidak akan pernah bisa meraih sukses. Bagaimana mau sukses kalau dari hati kecilnya saja sudah ragu untuk sukses?

    Untuk bisa meraih impian besar anda harus mampu meyakinkan diri anda bahwa anda bisa meraih kesuksesan itu. Oleh sebab itu ubahlah pola pikir sobat yang selama ini Pesimis menjadi Optimis dan mulailah bermimpi. Jangan takut bermimpi! Karena kesuksesan diawali dari mimpi.
  2. Berani Menghadapi Tantangan. Sobat perlu mengembangkan kemampuan dengan cara menghadapi tantangan untuk mencegah 'menyusutnya' mental dan rasa optimistis yang sudah sobat bangun. Sudut pandang internal anda tentang seberapa besar atau kecilnya sebuah tantangan akan memiliki pengaruh yang besar terhadap rasa optimistis dan kepercayaan diri anda. Otak kita dapat membuat kita berpikir apakah sesuatu terlihat sangat berat untuk dilakukan, ataupun membuatnya tampak benar-benar bisa dilakukan. Ketika kepercayaan diri anda meninggi, tantangan yang tadinya tampak begitu sulit justru akan tampak menyenangkan dan menggembirakan serta mudah untuk dijalankan.

    Coba lihat Bill Gates yang berani mengambil resiko untuk keluar dari Universitas Harvard, tentunya itu merupakan tantangan besar baginya. Dan lihatlah seperti apa dahsyatnya kesuksesan Bill Gates sekarang!

  3. Mengupgrade Sudut Pandang Dalam Melihat Hambatan. Ketika permasalahan datang ketika anda sedang dalam 'perjalanan' menempuh sukses, anda harus melihatnya bukan sebagai dinding penghalang atau blokade jalan seperti yang dipasang oleh polisi, tetapi sebagai bagian dari proses pertumbuhan menjadi sukses. Anda akan menghadapi tantangan yang tak terduga di sepanjang jalan, bagaimana Anda melihatnya akan menentukan apakah Anda terus bergerak maju atau meninggalkan tujuan Anda.

    Lihatlah kupu-kupu yang kesulitan keluar dari kepompong. Ia tidak melihat kesulitan itu sebagai sebuah hambatan, tapi sebagai proses dari pertumbuhan. Berlaku demikianlah kita dalam meraih apa yang kita ingin gapai!
  4. Memelihara rasa keinginan yang kuat. Kembangkan semangat anda yang sangat membara untuk mewujudkan apa yang anda mau. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan berkumpul diantara orang sukses, agar anda lebih termotivasi.

    Belajarlah dari proses anda ketika jatuh cinta kepada sang pujaan hati, bayangkan masa-masa ketika anda ditolak olehnya, namun karena rasa keinginan yang begitu kuat hingga anda berhasil mendapatkannya dan mengalami keterlibatan emosi yang luar biasa dengannya, begitupun dalam meraih kesuksesan di bidang lainnya.
  5. Berkomitmen tinggi. Dengan berkomitmen berarti anda sama dengan 'menginvestasikan' diri anda untuk berkorban dalam dan bekerja keras dalam mencapai sukses yang anda impikan. Jangan setengah-setengah dalam berkomitmen, karena sama saja dengan melakukan hal yang sia-sia, ibaratnya orang yang ingin memaniskan laut yang berair asin.

Ingat, setelah anda meraih sukses, itu artinya anda telah meraih 'ketrampilan hidup maju! Jangan meragukan diri anda, karena siapapun bisa untuk meraih sukses. Tidak ada istilah takdir dan semacamnya. Yakinlah, tidak satupun orang lahir dengan langsung diberi label oleh Tuhan 'ANDA ORANG SUKES'. Salam sukses! :)
Share this article :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mental Down: Fokus Mengerjakan UN Buyar
Ujian Nasional masih menjadi momok menakutkan untuk sebagian pelajar di Indonesia.  Siap atau tidak siswa harus menghadapi pertarungan  untuk kedua kalinya setelah UAS yang akan menentukan kelulusan mereka. Pemandangan yang akan terlihat selama empat hari ini di seluruh SMA/SMK diseluruh Indonesia adalah anak-anak kelas tiga dengan wajah serius dan terlihat tegang . Tulisan “Harap Tenag sedang Ada Ujian” terpampang disetiap sudut sekolah. Ruang kelas yang telah berubah tidak seperti biasanya, pintu kelas yang tertempel nomor ruangan dan   setiap meja  sudah identitas dari setiap siswa. Tegang jelas ada dalam benak setiap siswa untuk menghadapi ujian yang akan menentukan jerih payah mereka selama tiga tahun, dan inilah gongnya. Genderang perang telah berbunyi menyambut siswa-siswa yang akan maju di arena perang UN.
Kemampuan siswa telah digodok selama beberapa bulan untuk menghadapi beberapa hari ini. Pihak sekolah dan guru telah membantu mereka berjuang untuk menghadapi perang dengan soal-soal ujian nasional. Siswa telah berusaha menyiapkan senjata untuk menghadapi UN, mulai dari ikut les di sana-sini, mengadakan doa bersama, dan latihan soal-soal yang berkaitan dengan UN. Mental siswa yang patut disoroti ketika siswa telah berada dalam medan perang UN. Guru dan pihak sekolah tidak akan bisa membantu siswa, mereka harus mandiri dan menghadapi soal-soal ujian dengan senjata yang telah mereka siapkan jauh-jauh hari. Mental para siswa mungkin sudah mereka siapkan, tetapi banyak permasalahan yang terjadi ketika ujian berlangsung dapat membuat mental siswa down dan pikiran siswa menjadi blank. Mental siswa tidak bisa dianggap enteng, kerena jika mental siswa tidak siap atau terganggu pada waktu ujian dapat berakibat fatal terhadap hasil ujian siswa.
Masalah-masalah yang dapat membuat mental siswa down salah satunya adalah beredarnya kunci jawaban soal UN lewat SMS. Kunci jawaban yang belum tentu kebenaranya itu, banyak siswa yang terkecoh dan tidak percaya dengan kemampuan mereka sendiri. Kejujuran yang tadinya sudah tertanam dalam benak setiap siswa dalam pengerjaan UN, menjadi hancur karena kunci jawaban yang beredar dan mereka percaya dengan kebenaran kunci jawaban itu. Kunci jawaban itu juga membuat siswa tergesa-gesa dalam menjawab pertanyaan, sehingga salah melingkari juga dapat terjadi padahal itu amat fatal dalam UN. Akibatnya, setelah mendengar bahwa itu hanya kunci jawaban palsu, banyak siswa yang pingsan, menangis, dan  mentalnya down untuk ujian selanjutnya. Siswa yang memiliki rasa amat takut dengan pengawas yang berasal dari luar sekolah dan mempercayai isu-isu yang berkaitan dengan pengawas ujian juga dapat membuat mental siswa down. Mental siswa yang down dapat membuat siswa itu grogi dan semua yang telah mereka pelajari bisa menjadi buyar saat mengerjakan UN.
Masalah-masalah yang berkaitan dengan mental siswa mungkin dapat ditanggulangi sebelum UN berlangsung jauh-jauh hari. Guru memberikan nasehat-nasehat agar tidak percaya dengan beredarnya kunci jawaban UN dan membangun tingkat percaya diri siswa. Guru juga memberikan motivasi kepada siswa bahwa mereka pasti bisa mengerjakan UN dengan kemampuan yang mereka miliki tanpa harus takut dengan hal-hal yang lainnya. Khususnya untuk para siswa juga harus memiliki tingkat percaya diri yang tinggi dalam menghadapi UN, sehingga apapun gangguannya tidak akan mengganggu mereka dalam mengerjakan soal UN. Jangan percaya dengan isu-isu yang belum jelas kebenarannya, jangan sampai isu-isu tersebut berpengaruh terhadap UN.
Wahai para generasi bangsa ayolah percaya diri dalam mengerjakan UN jangan biarkan isu-isu yang belum jelas kebenarannya merusak mental dan berakibat fatal terhadap hasil UN. Siswa-siswa, mental adalah hal yang harus kalian bangun untuk menghadapi UN agar hasilnya juga memuaskan. Utamakan kejujuran dalam mengerjakan ujian.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS


Lembar Kerja Siswa: Haruskah LKS?
Belakang ini, media informasi baik cetak maupun elektronik gempar memberitakan mengenai LKS untuk siswa kelas dua SD di Jakarta yang berisikan bacaan yang tidak layak atau dapat dibilang senonoh untuk siswa kelas dua SD. Bacaan yang ada dalam LKS itu menceritakan tentang kisah “Bang Maman dari Kali Pasir”, dalam cerita ditemukan kata-kata seperti “dihamili, diceraikan, bercerai, berselingkuh, dan istri simpanan” kata yang tidak layak ada dalam bacaan untuk anak kelas dua SD. Terkuaknya fakta yang demikian akankah merubah guru untuk tidak lagi menggunakan LKS atau hanya sebuah masalah yang seiring berjalannya waktu akan terlupakan begitu saja.
Pemandangan pertama yang biasa ditemui ketika kembali ke kelas setelah liburan semester telah usai adalah guru yang menenteng sebuah benda yang bertuliskan  “Lembar Kerja Siswa”. Selanjutnya, guru mewajibkan siswanya untuk membeli dan membagikan LKS yang menjadi acuannya itu. Lembar Kerja Siswa adalah salah satu instrumen yang digunakan guru dalam proses belajar-mengajar selain buku pelajaran. Akan tetapi, haruskah LKS yang digunakan untuk menguji siswa dalam memahami materi pelajaran yang telah disampaikan. Apakah LKS sudah dapat dikatakan layak menjadi salah satu media  pembelajaran bagi siswa?
Faktanya, sekarang banyak LKS yang tidak sesuai dengan materi yang seharusnya diajarkan para guru dalam proses pembelajaran. Fakta yang terkuat dalam LKS untuk kelas dua SD di Jakarta, bukan satu-satunya masalah yang berkaitan dengan LKS. Sungguh ironis jika siswa kelas dua SD harus teracuni dengan pelajaran yang dapat merusak moral mereka. Terlebih lagi, siswa kelas dua SD yang masih sangat muda dan masih begitu lugu untuk menanggapi apapun yang mereka pelajari. Menyangkut masalah ini, siapa yang harus disalahkan sebenarnya, apakah guru atau penerbit dari LKS yang bersangkutan. Jika dilihat dari satu pihak, sebagian besar orang pasti beranggapan semua itu adalah kesalahan dari penerbit yang bersangkutan, kenapa kesalahan yang amat fatal menurut sebagian orang dapat sampai terlewatkan dari proses editing. Namun, jika dilihat dari sisi yang lain, tidak hanya penerbit yang salah, tetapi pihak sekolah atau khususnya guru juga tidak dapat terlepas dari kesalahan.
Masalah lain yang sering dialami siswa yang berhubungan dengan LKS adalah LKS yang dianjurkan oleh guru untuk mereka beli tidak digunakan dalam pembelajaran dengan alasan LKS itu tidak sesuai dengan materi yang akan diajarkan. LKS yang telah dibeli siswapun tidak terpakai, padahal mereka telah mengeluarkan sejumlah uang. Mungkin untuk sebagian anak dari keluarga yang mampu tidak begitu masalah, tetapi untuk anak dari keluarga pas-pasan, hal itu menjadi masalah yang cukup memberatkan karena uangnya dapat digunakan untuk membeli keperluan sekolah yang lain. Mengapa guru masih saja menggunakan LKS, padahal banyak kelemahan dari LKS yang mereka gunakan. Miringnya harga sebuah LKS dengan buku pelajaran mungkin juga menjadi salahsatu alasan guru memilih menggunakan LKS. Sebenarnya apakah alasan guru masih menggunakan LKS, malaskah guru dalam membauat LKS atau alasan lain?
Guru seharusnya lebih teliti dalam memilih LKS yang akan digunakan dalam pembelajaran. Bahkan sebenarnya pembelian LKS di sebuah penerbit itu dilarang, seharusnya guru membuat LKS sendiri yang akan digunakan dalam pembelajaran. LKS yang dibuat sendiri oleh guru akan lebih baik karena guru lebih mengerti apa yang harus dimasukan dalam LKS tersebut. Pembuatan LKS juga harus sesuai dengan panduan yang telah ditentukan agar LKS yang dibuat hasilnya sesuai dengan kurikulum, menarik, dan memuaskan. Materi dan soal-soal yang akan termuat dalam LKS yang berkualitas, akan lebih meningkatkan kemampuan siswa. Masalah yang terjadi di Jakarta dan masalah-masalah lain yang berkaitan dengan LKS tidak mungkin terjadi jika guru meneliti terlebih dahulu LKS yang akan digunakan, terlebih lagi guru yang membuatnya sendiri. Namun, jika guru tidak ingin merugikan pihak penerbit, guru dapat bekerjasama dengan penerbit dalam pembuatan LKS yang akan digunakan, agar materi dalam LKS sesuai dengan yang akan diajarkan dan kesalahan materi juga dapat diminimalkan. Memilih penerbit yang berkompeten dalam pembuatan LKS merupakan solusi yang dapat diambil, seperti MGMP yang lebih ahli dalam menyusun LKS. MGMP merupakan kependekan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran, jelas yang terjun didalamnya para guru yang ahli dalam bidangnya masing-masing,  sehingga pembuatan LKS akan lebih terarah dan sesuai dengan ketentuan.
Akhirnya, jika ingin menggunakan LKS dari sebuah penerbit dalam proses pembelajaran di sekolah,  harus ada kerjasama antara guru dan penerbit. Guru juga merupakan aspek penting dalam penggunaan LKS di sekolah, karena guru yang lebih paham tentang materi yang seharusnya ada didalam LKS yang akan digunakan siswa. Meneliti terlebih dahulu isi LKS dari suatu penerbit sebelum dibagikan dan digunakan siswa juga merupakan aspek penting, karena dengan cara ini masalah tentang isi yang tidak layak untuk siswa tidak akan terulang kembali. Guru juga dapat menggunakan media pembelajaran selain LKS, yaitu dengan memanfaatkan media cetak yang lain seperti modul, buku teks, dll dapat juga memanfaatkan media elektronik seperti internet, contohnya memanfaatkan program pemerintah yang disebut BSE (Buku Sekolah Elektronik).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS


BIOGRAFI
Description: E:\my album\kelazzzz Q\sonobudoyo\DSC05229.JPG
Nama saya Fenimatus Solihah lahir di Wonosobo, 12 Desember 1992. Terlahir dari pasangan Saefuni dan Muslihah. Saya anak pertama dari dua bersaudara, kami hanya berselisih tiga tahun. Adik saya bernama Ardiyanto Efendi. Saya tinggal di sebuah desa di daerah pegunungan dengan pemandangan yang menarik dan berhawa dingin, tepatnya di dusun Karangjinem, Surojoyo, Sapuran, Wonosobo. Ayah saya bekerja disebuah toko di Surabaya dan ibu saya  seorang ibu rumah tangga . Masa kecil kami dipenuhi dengan  berkelahi namun itulah kenangan terindah yang sulit untuk dilupakan. Tidak seperti anak-anak kecil jaman sekarang, masa kecil saya dipenuhi dengan permainan tradisional bersama teman-teman.
Umur enam tahun saya langsung masuk SD 1 Surojoyo, karena saat itu belum dibangun TK di desa tempat saya tinggal. Masa-masa di sekolah dasar, awal saya mengenal orang-orang baru dan belajar membaca, berhitung dan menulis. Guru yang begitu sabar dan tekun mengajari saya mengenal huruf dan angka-angka. Walaupun tidak terlalu dekat jarak sekolah saya, namun setiap hari saya begitu bersemangat berangkat bersama teman-teman. Waktu SD saya pernah mendapat peringkat satu waktu kelas lima dan enam. Namun rasa kehilangan yang mendalam saya rasakan pada saat kelas tiga, nenek yang merawat saya meninggal.
Enam tahun berlalu, ketika umur sebelas tahun saya masuk SMP 1 Sapuran, yang  jaraknya sekitar delapan Km dari desa saya. Setiap hari saya harus berjalan butuh waktu satu sampai dua jam untuk  mencapai sekolah. Ketika pukul 05.30 WIB mungkin anak-anak yang lain masih tertidur atau  sedang bersiap-siap, saya sudah melangkahkan kaki menuju sekolah. Suka duka dalam perjalanan menuju sekolah sudah banyak saya rasakan, terik mentari membakar kulit ketika sepulang sekolah dan pada musim penghujan jalan becek harus saya lewati demi menuntut ilmu. Pelajaran yang paling saya sukai waktu SMP adalah fisika, karena mengutak-atik rumus dan gurunya pandai dalam menyampaikan materi, jadi saya mudah untuk memahami dan nilai ulangan selalu baik. Ada peristiwa lucu tepatnya waktu liburan, tiba-tiba guru saya menyuruh untuk datang ke sekolah, ternyata saya disuruh mewakili sekolah untuk lomba mata pelajaran biologi, padahal saya kurang bisa dan kurang menyukai biologi, hasilnya saya tidak menjadi juara. Hal yang membuat saya trauma terjadi ketika kelas tiga SMP, saya menjadi korban penjambretan sepulang sekolah. Kejadian itu membuat saya takut untuk pergi ke sekolah, sempat beberapa hari saya diantar oleh ayah.
Waktu lulus SMP, hatiku bimbang  mau memilih antara  dua sekolah, yaitu SMK 1 Wonosobo atau SMK 1 Sapuran, akhirnya saya memilih SMK 1 Sapuran  yang jaraknya lebih dekat. Aku memilih jurusan akuntansi  bersama teman-temanku semasa SMP, yaitu Ratna, Yuli, Kun, Nia, dan Iza. Mereka juga mengambil jurusan yang sama. Di  SMK aku mulai menemukan arti sahabat sejati, kami berenam sudah seperti keluarga sendiri. Kami sering berdiskusi tentang pelajaran, belajar bersama dan mengerjakan tugas bersama. Saya juga menemukan pelajaran baru yang belum pernah ada di SMP  yaitu akuntansi, banyak hal yang saya ketahui dan dapat dari belajar akuntansi. Di SMK berbeda dengan SMP, lebih banyak praktek daripada teori, jadi saya lebih paham tentang materi yang  diajarkan. Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama di SMK seperti Praktek Kerja Lapangan ( PKL ), saya PKL di Bank swasta selama tiga bulan bersama Ratna. Dari pengalaman di Bank, saya lebih paham tentang prosedur dari kegiatan perbankan mulai dari transaksi sampai pembukuan. Banyak pelajaran yang didapat dari sana, para pegawainya juga baik-baik dan sabar mengajari saya.
Dengan dukungan kedua orang tua dan keinginan besar dari dalam diri saya, setelah lulus SMK saya mengikuti  tes SNMPTN, alhamdulillah diterima di UNY Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Keluarga saya bangga atas prestasi ini. Hal ini, memotivasi saya untuk menjadi anak yang dapat dibanggakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS