Farah Queen. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

kesekretariatan


Peranan Teknologi Informasi dalam Dunia Kesekretarisan
A.    Pendahuluan
Dari sekian banyak profesi yang ada, sekretaris mengalami perubahan yang yang cepat dalam memasuki milenium mendatang. Pada milenium mendatang para pemimpin perusahaan dituntut untuk melengkapi diri dengan sederet kemampuan untuk berpacu dengan percepatan perubahan dalam dunia bisnis. Sebagai penyeimbang terhadap berbagai kemudahan yang disediakan oleh kemajuan teknologi. Sekretaris dituntut untuk menjadi “penunggang kuda” yang handal, agar dapat menaiki “kuda” yang bernama teknologi dan menarik manfaat sebesar-besarnya.
Era milenium mendatang yang diwarnai dengan kemajuan teknologi informasi berpengaruh besar terhadap peran dan fungsi profesi sekretaris. Peran-peran sekretaris konvensional yang bersifat administratif dan klerikal sebagian besar telah tergantikan oleh  perangkat teknologi informasi.
B.     Pembahasan
1. Pengertian Sekretaris
Sekretaris merupakan seorang yang mempunyai tugas yang sangat berkaitan dengan kegiatan tulis – menulis atau catat – mencatat dari suatu kegiatan perkantoran atau perusahaan (Saiman,2002:24).
“Sekretaris adalah seorang pegawai kantor yang memiliki kedudukan yang lebih bertanggung jawab dari pada seorang stenographer dan tugas-tugasnya biasanya meliputi pengambilan dan penyalinan dikte berurusan dengan public, menjawab telephone, membuat janji dan memelihara atau menyiapkan warkat-warkat, surat-surat dan lain-lainnya.”
Sekretaris saat ini harus mampu menjalankan peran sebagai pemberi dan pusat informasi perusahaan yang dibutuhkan oleh para pelanggan atau pihak eksternal perusahaan. Peran sekretaris dalam hal informasi dapat memberikan pengaruh positif pada status perusahaan atau organisasinya tidak saja dalam jangka pendek akan tetapi juga dalam jangka waktu panjang yang bisa dicapai melalui kelancara arus informasi baik ke dalam maupun ke luar.
Kegiatan yang dilakukan sekretaris dalam mendistribusikan informasi kepada pimpinan menjadi lebih jelas dan tepat sesuai dengan tujuan yang diharapkan perusahaan. Sekretaris pada era saat ini harus mengetahui dan memahami bagaimana seharusnya mengelola perubahan dan rencana inovasi khususnya yang ada hubungannya dengan lingkungan pekerjaan atau tugasnya.
2. Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
3. Pentingnya Teknologi Informasi bagi Sekretaris
Pengetahuan mengenai teknologi informasi sangat penting bagi sekretaris karena hal tersebut memberikan manfaat sebagai berikut :
a.       Mempermudah dalam penyelesaian pekerjaan sekretaris.
b.      Lebih efektif. Sekretaris dan karyawan lainnya bisa memanfaatkan waktu dan mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan.
c.       Memperluas hubungan kerja sama. Dengan penggunaan teknologi informasi, sekretaris dapat menjalin hubungan kerja sama yang luas melalui internet. Jadi batas ruang dan waktu sudah tidak lagi menjadi alasan lagi dalm menjalin kerja sama seluas – luasnya.
d.      Memenangkan persaingan bisnis. Penggunaan teknologi informasi memudahkan perusahaan berinteraksi dengan pelanggan dan relasi dan dengan menggunakan informasi teknologi perusahaan lebih maju.
e.       Unggul di dalam pekerjaan. Sekretaris dapat sukses dalam pekerjaannya, cepat memperoleh informasi dengan mengikuti perkembangan zaman.
1.      Sekretaris Sebagai Pengelola Informasi
Pada era informasi, kemajuan perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuannya untuk memperoleh dan memproses informasi agar dapat mengambil keputusan yang cepat dan akurat. Sekretaris yang menjadi pendukung utama dalam pengambilan  keputusan,  harus mampu menjadi information provider, harus mampu mencari dan memilih informasi bagi atasannya agar dapat mengambil keputusan secara cepat dan akurat. Hasil keputusan harus disebarluaskan, sehingga sekretaris juga mempunyai peran penting sebagai information disseminator.
Sementara itu globalisasi makin menampakkan sosoknya, yang menuntut  sekretaris menjadi sekretaris global. Kebutuhan perusahaan dalam berkomunikasi, berinteraksi dan membentuk network dalam lingkup global menuntut seorang sekretaris berperan sebagai penyambung lidah perusahaan dengan masyarakat global.
Peran penting yang berkaitan dengan pengelolaan  informasi dan pengambilan keputusan, serta tuntutan untuk menjadi komunikator dan membina relasi dengan pihak internal perusahaan, serta pihak  eksternal perusahaan dalam lingkup global  membutuhkan kapasitas intelektual yang memadai, kematangan emosi dan sikap yang tepat, serta kemampuan untuk menampilkan citra profesional.
Sementara itu posisi seorang sekretaris sering menuntut adanya kemahiran tersendiri untuk menjadi public relations officer karena seringnya seorang sekretaris menjadi contact person dengan partner eksternal. Perannya yang strategis sebagai salah satu sumber informasi  bagi para pengambil keputusan.
Dalam menghadapi situasi persaingan yang semakin ketat saat ini, kemapanan citra perusahaan perlu terus menerus dipertahankan, salah satunya melalui kemantapan dan ketepatan cara kerja seorang sekretaris dalam “mengamankan” perusahaan. Dalam hal ini, selain pemahaman terhadap kebijakan perusahaan, kehandalan untuk menerapkannya praktis dan taktis, seorang sekretaris perlu pula mengoptimalkan kemampuannya untuk melakukan persuasi secara profesional dan strategis.
Kendala yang dihadapi sekretaris apabila kurang menguasai Teknologi Informasi sebagai berikut :
1)      Menghabiskan waktu (tidak efektif)
2)      Ketinggalan zaman
3)      Kalah bersaing dengan perusahaan lain
4. Peranan Teknologi Informasi dalam Pekerjaan Sekretaris
Sekretaris yang professional tidak akan mengeluh karena kurangnya waktu dalam penyelesaian pekerjaan apalagi dengan adanya teknologi informasi yang semakin maju maka pekerjaan sekretaris menjadi lebih mudah mudah dikelola. Oleh sebab itu, pengelolaan administrasi secara professional juga perlu diterapkan secara terus – menerus agar jiwa professional dapat dimiliki sehingga diharapkan akan menjadi sekretaris yang memiliki integritas, intelegensi dan semangat tinggi dalam berkarya dan bekerja. Teknologi yang semakin pesat menuntut sekretaris bertindak semakin cepat dengan memperhatikan efisiensi disegala bidang. Oleh karena itu, sekretaris harus cepat memiliki ketrampilan dalam menggunakan teknologi administrasi sehingga mempiroleh keuntungan dalam penyelesaian pekerjaan.
a.       Arsip elektronik
1)      Mudah dikirim ke bagian-bagian yang membutuhkan, melalui jalur komunikasi.
2)      Pencarian dokumen mudah dilakukan. Penggunaan komputer membantu untuk mempercepat penemuan kembali arsip yang berada da;am kumpulan jumlah arsip yang besar, baik yang baru tersimpanmaupun yang sudah lama tersimpan. Komputer dapat menyimpan keseluruhan tulisan yang terdapat pada suatu dokumen secara lengkap.
3)      Kegiatan manajemen, seperti pengaturan jadwal.
b.      Pengolahan data
Pemanfaatan Komputer untuk pengetikan masalah surat-surat dan penjadwalan.
c.       Surat elektronik
Pengiriman surat atau pesan secara elektronis,baik tulisan maupun gambar dengan beberapa cara penyampaian :
1)      Melalui jalur komunikasi umum ( telepon,komputer).
2)      Dengan Faksimili.
d.      Konferensi Jarak Jauh
Konferensi melalui komunikasi jarak jauh untuk menyalurkan data, suara dan gambar.
C.     Kesimpulan
Peda era globalisasi seperti saat ini, seorang sekretaris haruslah memiliki pengetahuan serta menguasai teknologi informasi guna menunjang profesinya.
Sumber :
Saiman. 2002. Manajemen Sekretaris.Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia.
Nunung Chozanah, Ratu Evi Z. 1999. Paket Keahlian Sekretaris SMK Tingkat 3 . Bandung : CV. ARMIKO.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar