Farah Queen. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


Media Publik Relation

            Publik Relation ( PR ) identik dengan pencitraan sebuah perusahaan, yang salah satu fungsinya ialah sebagai penghubung suatu perusahaan yang menaunginya kepada masyarakat, media dan lainnya. Seorang Publik Relation berperan untuk menjaga nama baik perusahaan akan tetapi seorang PR dilarang keras untuk memberikan suatu kebohongan kepada publik, karena gerak kerja dari seorang PR diawasi dengan kode etik PR itu sendiri. Adapun media yang menjadi bidang pekerjaan seorang Publik Relation yaitu :
1.      Media Massa Cetak maupun Elektronik
2.      Bahan tercetak /printed material (booklet, kartu nama,dll)
3.      Surat langsung (direct mail)
4.      Pesan-pesan lisan (spoken word)
5.      Pemberian Sponsor (sponsorship)
6.      House journal (magazine, company profile, prospektus)
7.      Pengiklanan
8.      Pertemuan (Presentasi, diskusi, seminar,pameran)
Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam memilih media :
• Sesuaikan dengan target khalayak (segmen pasar)
• Jangkauan media
• Distribusi, omzet dari media
• Waktu yang tepat
• Biaya

A. Media Lini Atas
1. Media Cetak, yang bersifat komersial, misalnya surat kabar harian, tabloid, majalah berita atau
hiburan yang terbitannya secara berkala mingguan dan bulanan, tersebar luas dan dibaca oleh masyarakat umum.
• Kelebihan: harga murah, beritanya menyeluruh, lengkap dan dapat menyebar secara cepat dan
efektif, daya jangkauan luas.
• Kelemahannya: komunikasi searah dan umurnya/ jangka waktu berlaku relative pendek.
2. Media Elektronik (Broadcast media), seperti Stasiun Radio dan TV, baik milik pemerintah maupun swasta komersial yang mempunyai pendengar atau pemirsa dalam jumlah besar dan tersebar di seluruh Indonesia.
• Kelebihan: pesan mudah diterima dan diingat (visualnya lebih hidup), kecepatan penyampaian
berita dan daya pengaruhnya cukup tinggi.
• Kelemahan: relatif lebih mahal biayanya, pengaruhnya langsung (khususnya berita negatif).
Penyampaian pesannya tidak menyeluruh, karena waktu sangat ketat dan biaya dihitung per detik.
B. Media Lini Bawah
Kelebihan: pesannya dua arah, yaitu dapat melibatkan emosi audiensinya dalam upaya membangun suatu pengaruh, pendidikan, pengenalan, pengertian dan pemahaman.
Kelemahan: biaya cukup mahal, tidak merata dalam penyampaian pesan karena keterbatasan tempat, waktu dan publik sebagai sasarannya
1.      Presentasi (pengenalan, pendidikan, tujuan bisnis, dll) dalam upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada publik dengan tujuan untuk dapat mendengar aspirasi dan keinginan dari pihak publiknya secara langsung.
2.      Peduli kepada masyarakat sekitar (community relations), misalnya ikut program sosial, turut menyumbang kalau masyarakat terkena musibah bencana alam, merayakan hari-hari nasional, menggalakkan program pemerintah, kampanye peduli lingkungan, kesadaran hukum, dll.
3.      Pameran (Exhibition), misalnya pameran akbar perumahan, pameran pendidikan yang dilakukan ditempat yang khusus, lokasi yang strategis, dalam upaya meningkatkan pengenalan, promosi dan publikasi produk tertentu.
4.      Berupa Display suatu barang, gambar-gambar dan sebagainya yang diletakkan di stand khusus untuk menarik pengunjung (point of puchase) dan menarik perhatian (eyes catching).
5.      Penjualan secara langsung dengan menawarkan produk/jasa kepada konsumennya (direct
mail,sales letter offer,dll).
1.      Media Internal
a.       Magazine (majalah) bulanan dan mingguan berbentuk : company profile, annual report/financial report publication,dan prospectus lainnya untuk tujuan go public, dll
b.      Tabloid dan bulletin perusahaan, terbitan harian/mingguan.
1)      News letter (berita dinding),press release dan photo pres.
Media Promosi
Suplement, advertorial (artikel sponsor), periklanan PR, sponsorship,dll
Booklet, Brochur, leaflet,dll
• Poster, sticker, banner, spanduk, umbul-umbul dan pamflet
Post card, kalender, suplement publications, direct mail.
• Surat berkop lembaga, logo dan brand’s name, kartu nama (name card businessi) untuk membangun relasi
• Komunikasi melalui faximail, teleks dan telepon

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar